Tab 1.1
Tab 1.2
Tab 1.3
Tab 2.1
Tab 2.2
Tab 2.3
Tab 3.1
Tab 3.2
Tab 3.3
Geografi berasal dari bahasa Yunani, geo yang berarti bumi, dan graphien tulisan atau lukisan. Secara harafiah atau bahasa geografi adalah ilmu yang melukiskan keadaan bumi. Geografi pertama kali diperkenalkan oleh Erastothenes dalam tulisannya geographica.
Pada abad pertengahan, Bernadus Veranus membagi geografi menjadi dua yaitu:
  • Geografi generalis, kajiannya meliputi litosfer, hidrosfer, atmosfer dan bentuk muka bumi
  • Geografi spesialis,kajiannya meliputi masalah penduduk dan sosial
Pengertian geografi dikemukakan para ahli sebagai berikut:
Hartshone (1960) geografi adalah ilmu yang berusaha menguraikan dan menginterpretasikan karakter variabel dari suatu tempat dengan tempat lain di bumi sebagai tempat kehidupan manusia.
Alexander (1963) geografi adalah studi pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.
Bintarto (1979) geografi adalah ilmu pengetahuan yang menggambarkan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala alam dan penduduknya serta mempelajari corak yang khas dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu
Seminar dan Lokakarya IKIP Semarang tahun 1988 geografi adalah imu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.

Pendekatan Geografi
Pada geografi terdapat tiga pendekatan guna menganalisis suatu kejadian yang berkaitan dengan fenomena geosfer yakni:
a. Pendekatan keruangan
pendekatan ini dapat ditinjau dari 3 aspek: analisis dengan pendekatan topik, analisis dengan pendekatan aktivitas manusia, dan analisis dengan pendekatan regional.
b.Pendekatan kelingkungan
perkembangan kehidupan manusia dan lingkungan alam mempunyai pola: manusia tergantung alam, manusia menguasai alam, dan manusia dengan alam saling mempengaruhi.
c.Pendekatan kompleks wilayah
Menekankan adanya hubungan antarwilayah yang merupakan wujud dari adanya perbedaan.




This entry was posted on 05.50 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: